Selamat Datang

Selamat Datang, Diharapkan bersedia untuk memberikan komentar dan saran. Terima Kasih

Jumat, 03 Desember 2010

Profil Singkat Desa Air Rami Kecamatan Air Rami

Desa Air Rami adalah salah satu desa yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Air Rami Kabupaten Mukomuko Propinsi Bengkulu. Terbentuk sekitar tahun 1940. Dibentuk berdasarkan kesepakatan antara warga dari Desa Talang Rio, Desa Air Pahang, dan Desa Air Rami yang pada waktu dahulu masih berstatus Dusun.
Kesepakatan pembentukan ini didasari oleh banyak hal, diantaranya karena terlalu luasnya desa sehingga membuat banyak urusan dari perangkat desa ataupun perangkat adat yang tidak berjalan dengan baik. Seperti jika ada urusan perangkat desa yang pada saat itu juga banyak yang merangkap sebagai perangkat adat sedang menghadiri atau mengurusi acara adat pernikahan pada dusun yang Talang Rio maka urusan acara adat pernikahan di dusun Air Rami dapat terbengkalai ataupun tertunda karena menunggu tokoh adat yang sedang mengurusi acara adat di dusun Talang Rio.

Kepala Desa Air Rami yang pertama kali adalah Bapak (Alm) Arsap. Desa Air Rami terletak disepanjang jalan Lintas Barat Sumatera. Secara garis besar desa ini dapat dipetakan atau dibagi kedalam 3 bagian wilayah, wilayah bagian Selatan dan utara banyak dihuni oleh warga pendatang baik berasal dari desa tetangga maupun dari luar wilayah kabupaten Mukomuko dimana wilayah ini banyak menjadi pusat perekonomian desa Air Rami seperti pedagang, tempat wisata, bengkel, dan lain sebagainya, sedangkan wilayah tengah merupakan daerah asli atau asal muasal Desa Air Rami yang banyak dihuni oleh para tokoh adat.

Karakteristik Masyarakat Desa
Dalam buku Sosiologi karangan Ruman Sumadilaga seorang ahli Sosiologi “Talcot Parsons” menggambarkan masyarakat desa sebagai masyarakat tradisional (Gemeinschaft) yang mengenal ciri-ciri sebagai berikut:


a. Afektifitas ada hubungannya dengan perasaan kasih sayang, cinta , kesetiaan dan kemesraan.     Perwujudannya dalam sikap dan perbuatan tolong menolong, menyatakan simpati terhadap musibah yang diderita orang lain dan menolongnya tanpa pamrih. Desa Air Rami perwujudan ini dapat dilihat dari tolong-menolong baik dalam keadaan senang (pernikahan) maupun kesedihan/kesusahan (kematian). Peran tokoh adat masih sangat kental ataupun dominan.


b. Orientasi kolektif sifat ini merupakan konsekuensi dari Afektifitas, yaitu mereka mementingkan kebersamaan , tidak suka menonjolkan diri, tidak suka akan orang yang berbeda pendapat, intinya semua harus memperlihatkan keseragaman persamaan. Didesa Air rami Perkembangan zaman kadangkala menyebabkan banyak warga yang kadangkala saling bersaing bahkan dalam hal kurang baik seperti berlomba-lomba menonjolkan kepemilikan barang-barang pribadi.


c. Partikularisme pada dasarnya adalah semua hal yang ada hubungannya dengan keberlakuan khusus untuk suatu tempat atau daerah tertentu. Perasaan subyektif, perasaan kebersamaan sesungguhnya yang hanya berlaku untuk kelompok tertentu saja.(lawannya Universalisme)


d. Askripsi yaitu berhubungan dengan mutu atau sifat khusus yang tidak diperoleh berdasarkan suatu usaha yang tidak disengaja, tetapi merupakan suatu keadaan yang sudah merupakan kebiasaan atau keturunan.(lawanya prestasi).


e. Kekabaran (diffuseness). Sesuatu yang tidak jelas terutama dalam hubungan antara pribadi tanpa ketegasan yang dinyatakan eksplisit. Masyarakat desa menggunakan bahasa tidak langsung, untuk menunjukkan sesuatu. Dari uraian tersebut (pendapat Talcott Parson) dapat terlihat pada desa-desa yang masih murni masyarakatnya tanpa pengaruh dari luar.

Unsur unsur Desa


1. Daerah : Tanah produktif dimanfaatkan bagi perkebunan seperti kelapa sawit, karet.
Lokasi desa berada disepanjang jalan lintas barat sumatera dan berada disepanjang garis pantai barat sumatera,
Batas lingkungan geografis sebelah utara Desa Air Buluh Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko, sebelah selatan Desa Pasar Sebelat Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara, sebelah timur Desa Arga Jaya, Desa Bukit Mulia Kecamatan Air Rami Kabupaten Mukomuko, sebelah barat Samudera Hindia 


2. Penduduk : Jumlah penduduk 1119 jiwa terdiri 604 laki-laki dan 515 perempuan,
Persebaran penduduk tersebar pada 3 bagian wilayah, wilayah bagian Selatan dan utara banyak dihuni oleh warga pendatang baik berasal dari desa tetangga maupun dari luar wilayah kabupaten Mukomuko dimana wilayah ini banyak menjadi pusat perekonomian desa Air Rami seperti pedagang, tempat wisata, bengkel, dan lain sebagainya, sedangkan wilayah tengah merupakan daerah asli atau asal muasal Desa Air Rami yang banyak dihuni oleh para tokoh adat.
Mata pencaharian penduduk, pada mulanya adalah sebagai nelayan, namun seiring dengan perkembangan makan banyak juga yang sebagai pedagang, wiraswasta, karyawan pada perkebunan-perkebunan swasta, pegawai dan lain sebagainya


3. Tata Kehidupan : Pola tata pergaulan dan ikatan ikatan pergaulan warga desa termasuk seluk beluk kehidupan masyarakat desa. Didesa Air Rami pola-pola pergaulan masyarakatnya sudah termasuk pada masyarakat yang terbuka baik dengan warga pendatang maupun perubahan yang berasal dari luar. Meskipun demikian nilai-nilai tata pergaulan yang ada masih tetap dijunjung walaupun tidak sepenuhnya lagi.

Fungsi dan Potensi Desa


1. Fungsi Desa :- Dalam hubungan dengan kota desa merupakan Heterland atau daerah dukung
-Desa berfungsi sebagai lumbung bahan mentah dan tenaga kerja
- Merupakan desa agraris yang menghasilkan hasil-hasil perkebunan dan juga merupakan desa kelautan yang menghasilkan hasil laut seperti ikan dan lain sebagainya
- Menurut Sutopo Yuwono Salah satu peran pokok desa terletak di bidang ekonomi Daerah pedesaan merupakan produksi pangan dan produksi eksport

2. Potensi Desa
a. Potensi Fisik : Tanah; dipergunakan untuk pemukiman, air; meskipun terletak pada garis pantai kebutuhan air bersih belum terganggu, Iklim; letak geografis menyebabkan suhu agak panas, manusia; sumber daya manusia yang tersedia rata-rata hanya tamatan Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Pertama, Hutan; tidak ada lagi terdapat hutan karena sudah dipergunakan untuk wilayah pemukiman dan perkebunan warga.
b. Potensi non fisik : Gotong royong; pada umumnya desa pesisir yang mayoritas bermata pencaharian setiap hari jumat akan beristirahat atau tidak melaut untuk mencari ikan, hari jumat dimanfaatkan untuk kerja bakti gotong-royong pada hal-hal yang telah disepakati.
Kekeluargaan, lembaga sosial,
Potensi desa tidak sama karena lingkungan geografis dan keadaan penduduknya berbeda dan corak kehidupannya juga berbeda Maju mundurnya desa akan tergantung pada beberapa faktor yaitu : potensi desa, interaksi desa dengan kota atau antara desa dengan desa dan lokasi desa terhadap daerah disekitarnya yang lebih maju


Tipe-tipe Desa


1. Desa Terbelakang atau Desa Swadaya
Desa terbelakang adalah desa yang kekurangan sumber daya manusia atau tenaga kerja dan juga kekurangan dana sehingga tidak mampu memanfaatkan potensi yang ada di desanya. Biasanya desa terbelakang berada di wilayah yang terpencil jauh dari kota, taraf berkehidupan miskin dan tradisional serta tidak memiliki sarana dan prasaranan penunjang yang mencukupi.


2. Desa Sedang Berkembang atau Desa Swakarsa
Desa sedang berkembang adalah desa yang mulai menggunakan dan memanfaatkan potensi fisik dan nonfisik yang dimilikinya tetapi masih kekurangan sumber keuangan atau dana. Desa swakarsa belum banyak memiliki sarana dan prasarana desa yang biasanya terletak di daerah peralihan desa terpencil dan kota. Masyarakat pedesaan swakarsa masih sedikit yang berpendidikan tinggi dan tidak bermata pencaharian utama sebagai petani di pertanian saja serta banyak mengerjakan sesuatu secara gotong royong. Jika saya menilai Desa Air rami termasuk pada tipe desa ini


3. Desa Maju atau Desa Swasembada
Desa maju adalah desa yang berkecukupan dalam hal sdm / sumber daya manusia dan juga dalam hal dana modal sehingga sudah dapat memanfaatkan dan menggunakan segala potensi fisik dan non fisik desa secara maksimal. Kehidupan desa swasembada sudah mirip kota yang modern dengan pekerjaan mata pencarian yang beraneka ragam serta sarana dan prasarana yang cukup lengkap untuk menunjang kehidupan masyarakat pedesaan maju.



2 komentar:

  1. Aku ni budak Air Rami tapi tinggal di Prabumulih, maju ke Air Rami tu, info ke via blogger biar budak2 Air Rami melek Internet.

    BalasHapus