Selamat Datang

Selamat Datang...Diharapkan bersedia untuk memberikan sedikit atau banyak komentar, saran dan bersedia meninggalkan jejak agar bisa saling berkunjung...Terima Kasih

Selasa, 01 Maret 2011

Penyu “Raksasa” Ditemukan Kembali Di Desa Retak Ilir Kecamatan Ipuh

Kawasan Konservasi Penyu di Desa Retak Ilir Kecamatan Ipuh semakin sering saja didarati penyu jenis belimbing berukuran besar untuk bertelur. Rabu dini hari pukul 01.02 WIB kemarin, petugas konservasi menemukan penyu raksasa yang mempunyai lebar dan panjang cangkang lebih dari dua meter dengan berat ratusan kilo gram bertelur di Danau Langut kawasan konservasi. Juga ditemukan 80 butir telur penyu tersebut. Setelah bertelur penyu raksasa kembali digiring ke laut lepas supaya tidak menjadi sasaran pemburu penyu.


Namun sayangnya karena minimnya fasilitas bagi petugas konservasi kedatangan demi kedatangan penyu raksasa itu terlepas dari rekaman kamera. Karena petugas sama sekali tidak punya kamera. “Kalau kami punya kamera hasil jepretannya bisa kami tampilkan dalam stan pameran HUT MM atau juga di lokasi penangkaran penyu. Sehingga bisa menambah daya tarik pengunjung. Saat ini memang operasional kita masih sangat kurang,” terang Sekretaris Konservasi Penyu Khairul Amra.

Dikatakan Khairul, saat ini dengan ditambahkannya 80 butir telur maka sudah 305 butir telur penyu yang akan coba ditetaskan. Ini adalah kali pertama sejak konservasi penyu didirikan. Jika jadwal tetasnya sama dengan telur penyu biasa yakni selama dua bulan. Maka telur penyu yang ditemukan terdahulu diperkirakan menetas pada awal April ini. Nantinya anak penyu (tukik, red) akan di lepas dengan mengundang dinas Perikanan dan Bupati MM untuk melepaskan tukik ke laut.(del)

Sumber : Rakyat Bengkulu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar