Selamat Datang

Selamat Datang, Diharapkan bersedia untuk memberikan komentar dan saran. Terima Kasih

Selasa, 01 Februari 2011

Bupati Mukomuko Drs. H. Ichwan Yunus Pindah Dari Partai Demokrat ke Partai Amanat Nasional

Aksi loncat Parpol marak dilakukan pejabat di Bengkulu. Setelah Bupati Seluma H. Murman Effendi, SE, SH, MH meloncat dari PKPI ke Partai Demokrat, kini aksi serupa juga dilakukan Bupati Mukomuko Drs. H. Ichwan Yunus yang meloncat dari Partai Demokrat ke Partai Amanat Nasional (PAN).

Ichwan Yunus secara mengejutkan terpilih secara aklamasi dalam Musda PAN Mukomuko yang digelar Minggu (30/1) kemarin di Hotel Bumi Batuah, Mukomuko. Hal ini memang tidak disangka-sangka karena saat Pilkada Bupati 3 Juli 2010, PAN adalah rival politik Ichwan Yunus. Saat itu, PAN mendukung pasangan Supardji – Syamsuri Rustam.

Aksi loncat Partai Ichwan Yunus ini mendapat reaksi keras dari petinggi Partai Demokrat. Ketua DPC Partai Demokrat Mukomuko, Muharamin, mengatakan nama Ichwan Yunus secara otomatis akan dicoret dari Partai Demokrat. Bukan hanya itu, dia juga menegaskan Partai Demokrat akan bersikap oposisi dengan Pemda Mukomuko karena dia menilai Ichwan tidak komit dengan janjinya dulu untuk membesarkan partai pengusung yaitu Partai Demokrat.


“Tapi nyatanya sekarang menyeberang ke partai lain,” tegas Muharamin. Di dalam struktur DPC Partai Demokrat Mukomuko, Ichwan Yunus masuk dalam jajaran Dewan Penasehat.

Sebaliknya, respon positif datang dari para politisi PAN. Mantan wakil Ketua DPD PAN MM Yusmardi yang juga wakil Ketua I DPRD MM mengatakan dengan menjadi Ketua DPD PAN MM, sama saja Ichwan Yunus pulang rumah. Sebab sebelumnya di Jakarta, Ichwan Yunus merupakan simpatisan PAN. Pada saat pencalonan pertama Ichwan Yunus menjadi Bupati MM pun Ichwan Yunus memilih untuk merangkul PAN. Namun karena dinamika partai saat itu belum mengusung Ichwan Yunus. “Kita punya harapan besar pada sosok Ichwan Yunus,” terang Yusmardi.

Dikatakan juga, dinamika di tubuh DPD PAN MM sangat tinggi. Sehingga DPD PAN MM tidak bisa dipimpin oleh sosok yang lamban. Sehingga kecekatan sikap dari Ichwan Yunus dianggap akan mampu menyatukan perbedaan pendapat di tubuh kader PAN sendiri. Apalagi saat ini Ichwan Yunus mengetahui mendalam tentang karakter warga Kabupaten MM. Sehingga dianggap cocok untuk PAN kedepanya. “PAN punya targetan besar kedepannya yakni, menang dalam Pilpres,” terangnya.

Ketua DPW PAN Provinsi Helmi Hasan menambahkan, jika dalam Pilleg 2014 DPD PAN Mukomuko mampu meraih suara signifikan sehingga memperoleh kursi 2 kali lipat di DPRD Provinsi, maka Ichwan Yunus akan dicalonkan menjadi Gubernur dalam Pilgub 2015. “Saat ini DPD PAN MM punya 3 kursi di MM dan 1 kursi di DPRD Provinsi. Jika mendapatkan target dua kali lipat dari itu maka sudah berhak dicalonkan menjadi Gubernur,” tanggapnya.

Sementara itu Ketua Steering Comite (SC) Musda III PAN MM Muspar Rusli mengatakan ada 6 berkas kandidat calon ketua yang diverifikasi ke DPP. Yakni Yusmardi, Syamsuri Rustam, Sudirman, Wismen, Muspar Rusli dan Ichwan Yunus. Namun ke lima kandidat ini gugur saat verifikasi pusat. Dalam pertimbangan DPP menemukan kandidat terbaik dengan dinamika politik saat ini.

“Untuk dulunya dia (Ichwan Yunus, red) rival politik ini lah namanya dinamika politik. Kami sangat mendukung kepemimpinan Ichwan Yunus 5 tahun ke depan,” terangnya.

Sementara itu Ichwan Yunus menyatakan akan mengemban amanah menjadi Ketua DPD PAN MM menjadi partai yang maju dan diandalkan. “Amanah ini akan saya emban dengan baik. Semoga saja keinginan kita untuk membawa PAN lebih baik kedepan bisa terwujud,” pungkas Ichwan Yunus

Sumber : Rakyat Bengkulu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar