Selamat Datang

Selamat Datang, Diharapkan bersedia untuk memberikan komentar dan saran. Terima Kasih

Selasa, 04 Januari 2011

Lima Program Prioritas Kesejahteraan Rakyat 2011

Jakarta: Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat menggelar rapat membahas program prioritas 2011, Selasa (4/1), di Jakarta. Dari hasil rapat, muncul lima program prioritas, yakni lingkungan hidup dan pengelolaaan bencana, penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial, pendidikan, kesehatan, serta kebudayaan, pariwisata, kreativitas, inovasi, teknologi, pemuda dan olahraga.

Untuk program lingkungan hidup dan pengelolaan bencana 2011, Menkokesra memprioritaskan dua program, yakni peningkatan secara intensif penanganan tanggap cepat darurat, rehab, dan rekonstruksi pascabencana. Selain itu mengangkat isu mitigasi dan adaptasi perubahan iklim serta berbagai dampak dari masalah tersebut, khususnya ketahanan pangan, gas rumah kaca, dan redd+.


Program penanggulangan kemiskinan dibagi menjadi tiga bagian, yakni program raskin, jamkesmas, dan program keluarga harapan, PNPM Mandiri, serta penyaluran kredit usaha rakyat (KUR). Program Pendanaan PNPM Mandiri memprioritaskan tiga program, yaitu program phasing out PNPM Mandiri, termasuk penambahan anggaran PNPM Mandiri bagi wilayah bencana.

Kedua, pemerintah mengurangi pendanaan PNPM dari pinjaman luar negeri dan meningkatkan pendanaan dari rupiah murni (switching). Ketiga, pemerintah berusaha melaksanakan PNPM Mandiri dan tidak terlalu tergantung dengan aturan main donor.

Kemudian program pendidikan, ada dua program yang dibahas. Pertama, pembangunan karakter bangsa serta postur anggaran pendidikan dan komite pendidikan. Hal ini mengingat belakangan marak muncul anarkisme, radikalisme, pornografi dan bentuk penyimpangan lainya.

Program kesehatan, terdapat empat program prioritas. Di antaranya penataan kependudukan, revitalisasi keluarga berencana, zoonosis. dan pencapaian target MDGs.

Terakhir program kebudayaan dan pariwisata yang memprioritaskan empat program. Masing-masing pertumbuhan ekonomi kreatif akan lebih dipacu guna membuka lapangan kerja, sukses pelaksanaan Sea Games 2011, sukses pelaksanaan Sail Belitong dan Sail Wakatobi, serta mengusulkan Tari Saman sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO. Terakhir Indonesia menjadi tuan sidang Komite Warisan Budaya Takbenda UNESCO di Bali.(ULF)

Sumber Yahoo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar